top of page
Search
  • Writer's pictureAmel Gemesh

Mie Instan Merukapakan Makanan Yang Instans Dalam Setiap Kondisi Dan Situasi



Kreasi mie instant terus berkembang. Dari bagian rasa, variannya bertambah bermacam. Demikian dengan juga kombinasi serta penampilannya yang penuh dengan surprise. Mie instant diketahui dengan model mie cup (mie dalam paket), mie goreng, serta mie rebus. Olahan mie praktis ini gak cuma popular di Indonesia, tetapi juga di banyak negara Asia lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, serta Jepang. Bab peristiwa, mie instant lekat relevansinya dengan Jepang. Di negeri Sakura ini dia kali pertama mie instant dibikin sampai jadi mendunia seperti saat ini. Kisahnya gak terlepas dari andil entrepreneur bernama Momofuku Ando.


Menjadi Makanan Semua Orang

Dilansir dari World Instan Noodle Association (1/7), tahun 1958 Momofoku Ando bikin "Chicken Ramen" sebagai mie instant pertama di dunia. Mie dibikin lewat cara menyemprot mie yang telah dikukus serta diberikan bumbu dalam minyak panas. Kepopuleran mie instant berbuntut dengan timbulnya mie instant paket merk Cup Noodles tahun 1971 di Jepang. Mie ini tidak serupa dari "Chicken Ramen" Ando sebab di tempatkan dalam styrofoam dalam kondisi kering, tersebut dengan bumbu raciknya. Sejak mulai itu, kedatangan mie instant merambah ke beragam negara Asia, diikuti ke Amerika serta Eropa. Beberapa orang demikian tertarik pada mie instant. Jadi bukti, keinginan global tahunan untuk mie instant diperhitungkan kurang lebih 15 miliar jumlah pada tahun 1990, serta keinginan bertambah jadi 50 miliar jumlah pada tahun 2001, sampai melampaui 100 miliar jumlah pada tahun 2012.



Menjadi Bahan Utama Di Beberapa Negara

Di Indonesia, mie instant dikenalkan tahun 1968 oleh PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia lewat merk Supermi. Lantas di tahun 1972, mulai nampak merk mie instant yang lain adalah Indomie. Bila dahulu variannya hanya terbatas, saat ini rasa mie instant di Indonesia sangat bermacam. Beberapa produsen mie lokal giat kerjakan perubahan. Mereka menyatukan faktor santapan wilayah atau santapan lokal jadi rasa baru mie instant. Perumpamaannya mie goreng Aceh, mie goreng tahu tek, serta mie goreng cakalang yang menjadi idola. Juga ada model rasa mie instant rebus seperti empal gentong, sop buntut, soto Medan, serta mie kocok Bandung. Segalanya sukses mengundang rasa ingin tahu warga demikian dikeluarkan. Menengok kreasi mie instant di negara Asia lain saat ini gak kalah menarik.



Ada Jepang yang menjadi pionir pencipta rasa unik. Demikian dengan juga mie instant dari Malaysia, Singapura, Thailand, serta Korea yang saat ini banyak disukai di Indonesia. Banyak supermarket tawarkan model mie instant import ini. Diantara merk mie itu telah dibubuhi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai gak butuh ditanyakan status kehalalannya. Karena amat populernya mie instant, saat ini banyak cafe serta restoran bahkan juga mengutamakan diri pada penyajian mie instant modern. Mie dibikin lebih spesial dengan padu padan gak biasa sampai penampilannya yang super unik seperti jadi sushi atau kebab. Nah, pada penjelasan kesempatan ini, detikFood akan mengupas dengan cara spesial bab kreasi mie instant unik.


Kurangnya Gizi Yang Terkandung Untuk Tubuh

Dimulai dengan type populernya di tiap-tiap negara Asia, yang hits di Indonesia, sampai referensi tempat nikmati mie instant unik. Ando yakni entrepreneur Jepang kelahiran Taiwan yang lahir pada 5 Maret 1910. Dia diketahui dunia karena jasanya membuat ramen instant pertama di dunia pada tahun 1958 dengan nama Chickan Ramen. Ando meninggal dunia tahun 2007 dalam umur 96 tahun sebab tidak sukses jantung. Walau begitu, Ando menyatakan satu diantaranya rahasia usia panjangnya yakni sebab mengkonsumsi Chicken Ramen hampir tiap-tiap hari.



Waktu meninggal dunia, dia wafat satu orang istri bernama Masako, serta dua anak adalah satu anak laki laki serta satu anak wanita. Ando alami waktu kelangkaan makanan di Jepang pada jaman pasca-Perang Dunia II. Waktu itu, selesai menyerah, pemerintah Jepang memajukan warga untuk makan roti bukannya mie. Argumennya yakni sebab perusahaan mie pada kala itu sangatlah tidak konstan dalam penuhi keinginan kastemer. Ando lalu mendapat inspirasi bikin Chicken Ramen pada tahun 1958. Mie dibikin lewat cara menyemprot mie yang telah dikukus serta diberikan bumbu dalam minyak panas. Cost produksinya waktu itu 6 kali lipat dari mie biasa. Perlahan-lahan, usaha mie instant Ando berjalan baik. Selesai kerjakan perjalanan usaha ke Amerika Serikat tahun 1971, dia perhatikan bagaimana orang Amerika mengkonsumsi mie. Ando lantas mendapat inspirasi jual produknya di cangkir polystyrene yang saat ini kondang. Rancangan ini bikin mie panas lebih lama.

15 views0 comments
bottom of page